STRUKTUR KURIKULUM MTs DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah rasa, dan olah raga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. 

Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan efisiensi manajemen pendidikan dilakukan melalui penerapan manajemen berbasis madrasah dan pembaharuan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Untuk mewujudkan efisiensi manajemen pendidikan dan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan MTs Darussalam setiap tahun mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Namun demikian, perkembangan dan penyempurnaan peraturan perundang-undangan pendidikan yang begitu cepat berubah maka kegiatan madrasah harus secepatnya untuk disesuaikan. Selain itu, perkembangan ilmu pengetahuan yang ditandai dengan banyaknya temuan-temuan yang mutakhir dan perkembangan ICT (Information Communication Technology) yang begitu cepat harus dikuasai peserta didik saat ini dan yang akan datang. Akibatnya, terdapat pergeseran nilai nilai yang ada di masyarakat yang juga menuntut pada madrasah untuk menyempurnakan nilai-nilai itu.

Pengembangan kurikulum MTs DARUSSALAM tahun pelajaran 2020/2021 mencakup hal-hal sebagai berikut:

  1. Struktur Kurikulum dan Muatan kurikulum yang merupakan pedoman dalam pengembangan kurikulum Madrasah
  2. Beban belajar bagi peserta didik pada Madrasah yang didasarkan pada hasil analisis konteks, analisis keunggulan lokal serta potensi dan minat peserta didik;
  3. Kurikulum Madrasah dikembangkan berdasarkan hasil reviu kurikulum tahun pelajaran 2019/2020, pemanfaatan hasil analisis kondisi riil madrasah, serta analisis peraturan yang berlaku;
  4. Kalender pendidikan Madrasah disusun berdasarkan hasil perhitungan minggu efektif untuk tahun pelajaran 2020/2021;
  5. Kurikulum Madrasah menjadi acuan bagi satuan pendidikan dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran dengan mengedepankan prinsip pengembangan dan karakteristik kurikulum 2013 dengan penyesuaian terhadap pemanfaatan analisis kondisi riil Madrasah dan Analisis Kondisi Lingkungan Madrasah
Spread the love