Semenjak merebaknya pandemi virus corona Covid-19 tahun 2020 di Indonesia menyebabkan terjadinya physical distancing dan social distancing yang berujung terbitnya aturan pemerintah yakni pembatasan sosial berskala besar atau disebut dengan PSBB. Dengan kondisi tersebut ikut berdampak pada dunia pendidikan terutama proses pembelajaran.

Mengatasi hal tersebut agar proses belajar mengajar berjalan lancar KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia meluncurkan aplikasi E-Learning Madrasah untuk memudahkan bagi guru dan siswa berinteraksi melakukan pembelajaran secara daring. Dalam aplikasi elearning tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur lengkap seperti membuat kelas online, membuat bahan ajar hingga melakukan penilaian online berbasis cbt.

Dalam hal tersebut MTs Darussalam Taman sejak diluncurkannya aplikasi elearning Kepala Madrasah Moh. Mujib, SE mengambil tindakan dengan menerapkan secara full E-Learning Madrasah dalam pembelajaran daring bagi seluruh siswa dan guru-guru walaupun sebelumnya sudah menggunakan beberapa aplikasi medsos.

Untuk menunjang berjalannya aplikasi elearning kepala MTs Darussalam Taman menunjuk dan menugaskan salah satu guru sebagai operator E-Learning Madrasah. “Kami sudah menugaskan salah seorang guru kami yang khusus menjadi operator E-Learning Madrasah dan sudah diverifikasi oleh tim pusat agar mendapat akses mendownload dan menginstall aplikasi elearning” jelas Sundosin.

Ditambahkan Moh. Mujib, SE bahwa nantinya operator sepenuhnya kami percayakan untuk mengontrol berjalannya aplikasi elearning tersebut, bila perlu harapan kami karna aplikasi ini berbasis website localhost hanya bisa diakses melalui server pada saat jam kerja, kami berharap pada operator bisa mengonlinekannya agar bisa diakses dimana saja, kapan saja dan dengan menggunakan media apa saja seperti HP atau laptop.

Sementara diungkapkan Moch. Zainul Arifin, S. Pd. Iyang ditunjuk sebagai operator E-Learning Madrasah menjelaskan bahwa Cara mengonlinekan sebuah website localhost seperti ARD, UMBK, dan yang terbaru adalah Elearning madrasah ada 3 cara, yang pertama dengan Forwarding yaitu menggunakan wifi dan server dimana komputer harus standby hidup.

Sedangkan yang kedua lanjut Moch. Zainul Arifin, S. Pd. Iadalah dengan Hotspot modem/HP namun cara ini memerlukan bantuan aplikasi ketiga yaitu namanya ngrok maupun Localexpose dan cara ini yang diterapkan yaitu menggunakan IP Adrees pada server. Sedangkan cara ke 3 adalah menggunakan hosting.

Hingga berita ini diterbitkan Elearning madrasah MTs Darussalam Taman sudah berjalan secara full online menggunakan hosting sebagaimana ditambahkan Hasibul Khoir, S.Fil.I, bahwa data yang sudah masuk dalam sistem Elearning Madrasah terdiri dari badan eksekutif yaitu Kepala dan wakil Kepala Madrasah, dewan guru yang sudah online tiap hari dan semua siswa yang sudah terinput dan melakukan login menggunakan NISN masing-masing serta 45 kelas online yang telah dibuat oleh dewan guru yamg setiap harinya sesuai jadwal memberikan materi dan tugas pelajaran. 

Halaman Awal E-Learning MTs Darusslam

Tantangan terbesar yang dihadapi untuk mengimplementasikan aplikasi E-Learning tersebut adalah kurangnya sumber daya terutama dari segi jaringan internet bagi siswa, serta kurang terbiasanya peserta baik guru maupun siswa menggunakan aplikasi tersebut. Tapi alhamdulillah, berkat kegigihan, keuletan, semangat, dan kerjasama semua pihak permasalahan diatas sedikit demi sedikit mulai dapat diminimalisir.

Mulai dari diadakannya sosialisasi dan pembekalan aplikasi E-Learning madrasah secara bertaahap yang dipandu langsung oleh OPERATOR hingga penjadwalan bimbingan khusus bagi siswa yang kesulitan menggunakan aplikasi dirumah proctor secara bergiliran tanpa mengenal waktu dengan tujuan agar penggunaan aplikasi E-Learning madrasah dapat berjalan lancer di MTs Darussalam Taman.

Spread the love