Tahun Baru Islam 2020 atau 1 Muharram 1442 Hijriah akan jatuh pada Kamis, 20 Agustus ini dan momentum ini biasanya akan disambut oleh umat muslim di seluruh dunia.

Seperti dilansir dari laman resmi NU, Islam memiliki dua belas bulan dalam hitungan satu tahun menurut hitungan yang telah ditetapkan. Empat bulan di antaranya adalah bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt yang disebut juga dengan bulan haram. Keempatnya adalah bulan Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Para ahli tafsir menyebutkan, amalan-amalan ibadah yang dilakukan selama empat bulan haram itu bakal dilipatgandakan pahalanya. Demikian pula balasan untuk perbuatan buruk pada 4 bulan ini, akan lebih besar. Hal ini seperti dijelaskan Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir: “Allah SWT mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipatgandakan perbuatan dosa di samping melipatgandakan perbuatan baik.” Kemuliaan bulan-bulan tersebut juga termaktub dalam al-Quran surat At-Taubah ayat 36 di mana artinya adalah sebagai berikut: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu,dan perangilah musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi semuanya; dan ketahuilah bahwasannya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa.” Menurut riwayat para ulama pakar tarikh, tarikh Islam mula-mula ditetapkan oleh Umar bin Khattab Ra ketika ia menjadi khalifah pada tahun 17 Hijriyah. Kisahnya bermula di mana Umar menerima sepucuk surat dari sahabatnya, Abu Musa Al-Asy’ari Ra tanpa dibubuhi tanggal dan hari pengirimannya. Hal itu pun membuat Umar kesulitan untuk menyeleksi surat yang mana terlebih dahulu harus diurusnya, sebab ia tidak menandai antara surat yang lama dan yang baru. Karenanya, Umar mengadakan musyawarah dengan para sahabat dan orang terpandang pada saat itu untuk membicarakan serta menyusun masalah tarikh Islam. Musyawarah yang diselenggarakan Umar tadi akhirnya menghasilkan beberapa pilihan tahun bersejarah untuk dijadikan sebagai patokan memulai tarikh Islam tersebut. Pilihan yang ditetapkan tersebut yaitu tahun kelahiran Nabi Muhammad, tarikh kebangkitannya menjadi Rasul, tahun wafatnya, dan ketika Nabi hijrah dari Makkah ke Madinah.

Sehubungan dengan hal tersebt, menyambut datangnya tahun baru islam tahun ini, keluarga besar MTs darussalam menyambutnya dengan mengadakan Khotmil Qur’an dan Do’a Bersama di Makam Mbah Kholil Bangkalan – Madura.

kegiatan tersebut dilaksanakan tepat pada hari Kamis 1 Muharrom 1442 Hijriyah yang bertepatan dengan tanggal 20 Agustus 2020 Mashi. dimulai dengan berkumpul di halaman MTs Darussalam pada pukul 07.00 seluruh dewan guru staf berangkat menuju Bangkalan tepat pada pukul 07.50 WIBB menggunakan sebuah bus mini.

acara Khotmil qur’an dilaksanakan ketika dalam perjalanan didalam bus….
bersambung…………………….

Spread the love